Disdik Purwakarta Terapkan Literasi Digital Di Setiap Sekolah

By Admin 31 Des 2021, 07:53:15 WIB Pendidikan
Disdik Purwakarta Terapkan Literasi Digital Di Setiap Sekolah

Keterangan Gambar : DR.Purwanto(Kadisdik Purwakarta)


Hallonusantara.com - Purwakarta, JABAR

Pemkab Purwakarta melalui Dinas Pendidikan gulirkan program literasi digital untuk sekolah. Salah satu penjabarannya, setiap sekolah harus memiliki website sendiri. Di penghujung 2021 ini, ada 10 sekolah yang masuk dalam nominasi website sekolah terbaik.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto, mengatakan, literasi itu tidak hanya pada persoalan membaca atau menulis saja. Melainkan, lingkupnya cukup luas. "Saat ini, salah satu penjabaran soal literasi yaitu sekolah harus melek digital. Makanya, mereka memiliki website sekolah resmi," ujar Purwanto, Kamis (30/12/21).

Baca Lainnya :

Tujuan website ini, selain pembelajaran membaca dan menulisnya dapat, juga sebagai bentuk dari literasi digital. Apalagi, program ini sangat nyambung dengan kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lantaran, saat ini masing-masing sekolah sudah memiliki Id sendiri. Sehingga, setiap sekolah harus terkoneksi secara digital.

Saat ini, lanjut Purwanto, Kabupaten Purwakarta seluruh sekolah sudah memiliki website sendiri. Namun, masih banyak yang perlu dikembangkan dan disempurnakan lagi. Makanya, di akhir tahun 2021 ini, Dinas Pendidikan memberikan apresiasi kepada 10 sekolah tingkat SD dan SMP yang sudah memiliki website terbaik.

"Selain itu, di kami juga sudah ada komunitas yang terkoneksi dengan literasi ini. Yaitu, Komunitas Purbasari (Purwakarta Membaca Setiap Hari) yang konsen terhadap literasi," ujarnya.

Dengan adanya komunitas ini, Dinas Pendidikan sangat terbantu. Sebab, aktivitas di dalam komunitas ini sudah sangat banyak. Bahkan, karya-karyanya juga sudah banyak. Seperti, buku, karya sastra dan lainnya.

Khusus untuk sekolah, dengan adanya literasi digital ini maka akan ada penambahan wawasan baik itu untuk guru maupun siswanya. Lantaran, anak-anak tidak hanya belajar langsung di sekolah. Melainkan, bisa belajar secara daring atau digital juga. Melalui website resmi sekolah.(bd/As)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment